PROYEKSI ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA PUSUK LESTARI VOL 1

  • May 31, 2024
  • Admin Desa Pusuk Lestari
  • opini

karya By : Zulfan Hadi

  • Belajar dari ketertinggalan 

         Desa Pusuk Lestari merupakan salah satu Desa yang terletak dipenghujung utara Kabupaten Lombok Barat, yang langsung berbatasan dengan Desa Bentek Kabupaten Lombok Utara, dimana kondisi geografisnya lebih banyak perbukitan, Desa ini merupakan Desa pemekaran dari Induknya yakni Desa Lembah Sari pada tahun 2011 silam. 

         Melihat dari letak geografis saja sudah dapat kita bayangkan bagaimana kondisi Desa Pusuk Lestari pada saat itu. Terpencil, terisolir, terbelakang, dan yang pasti merupakan salah satu Desa yang terendah Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Bayangkan saja, dalam satu Desa yang luasannya sekitar 500 hektar persegi dan terdiri dari 4 Dusun dengan jumlah Penduduk waktu itu sekitar 500 Kepala Keluarga (KK) itupun termasuk KK Lansia, juga terdapat sekitar 1.500. jiwa hanya terdapat tidak lebih dari 4 orang sarjana, puluhan orang lulusan SMA dan kurang dari seratus orang lulusan SMP. Selebihnya hanya lulusan SR (Sekolah Rakyat) atau sekarang lebih dikenal dengan Sekolah Dasar (SD) dan yang lainnya bahkan tidak pernah mengenyam pendidikan. 

      Hal tersebut diatas tentu merupakan tantangan bagi para pemangku kebijakan untuk menguras pemikirannya agar dapat menjalankan roda pemerintahan dan amanah dari pemerintah daerah serta sesuai dengan harapan masyarakat desanya, kolaborasi dengan seluruh element masyarakat dan seluruh stackholder terkait, tentunya dengan mengedepankan prinsip pembangunan partisipatif, dimulai dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. 

        Selanjutnya akan kita coba bedah bagaimana proyeksi perencanaan pembangunan dari awal lahirnya Desa Pusuk Lestari, namun akan saya ulas pada tulisan berikutnya.