ISTIMEWA PETANI PLN (PENYADEP LOLON NAO)

  • Jun 03, 2024
  • Admin Desa Pusuk Lestari
  • opini

Karya By : Ribaen (Mahasiswa Stikes Yarsi Mataram)

NYADEP merupakan Legasi SDA turun temurun yang harus dilestarikan dan hampir 70-80% masyarakat desa Pusuk lestari konsisten menjaga Legasi atau warisan tersebut. 
Akan tetapi NYADEP di Konotasikan sebagai pekerjaan NDIS-PDEQ-PANAS ya memang karena mereka bukan orang pilihan di bidang NYADEP padahal tanpa disadari NYADEP sebenarnya hanya untuk Si ISTIMEWA Yap Untuk Si ISTIMEWA
Siapa sih Si istimewa ini, kemudian kenapa harus dia..!! 
karena selembar kertas bermaterai beserta tanda tangan kontrak pun tidak dapat menjadi landasan kuat sehingga menjadikannya seseorang yang di sebut Si ISTIMEWA, kalau bukan karena orang2 yang memang didasari dengan ketekunan keuletan serta kesabaran yang kuat lah yang bisa mendapatkan kategori label Si ISTIMEWA tersebut. Dan yang terpenting lagi yaitu tentunya dengan CINTA.
Oleh karena itu bahwa NYADEP ini juga di anggap sebagai perselingkuhan yang halal dan paling romantis.
alasannya kenapa..? 
karena hasil dari perselingkuhan itulah menjadi sumber nafkah buat anak istri dirumah keluarga umumnya, kemudian selain buat makan sehari hari juga didedikasikan untuk mengembangkan SDM tentunya, yang dimana rata2 dibiayai dari hasil perselingkuhan itu sendiri.
Mulai dari bangku sekolah dasar sampai perguruan tinggi bahkan telah meluluskan gelar Doktor pertama di desa Pusuk lestari. 
kendati demikian sampai detik ini tidak pernah tercatat pernah ada kecemburuan atau hancurnya rumah tangga gara-gara perselingkuhan itu sendiri.
Bahkan sebut saja jika SI ISTIMEWA ini telat beranjak ke RUMAH KEDUANYA untuk mencari ORANG KE TIGA, Pasti akan dimarahi oleh istri sahnya. 
pertanyaannya wanita mana seikhlas itu  wanita mana setegar itu wanita mana sebaik itu, padahal prihal Mangga saja yaitu MANGGA MADU tidak mau menyebut pada bagian MADU Nya apalagi selingkuh yang jelas² paling di benci wanita.  
Ketahuilah Siti hawa pernah cemburu kepada nabi Adam gara-gara telat pulang padahal tidak ada wanita lain selain dirinya didalam surga. 
sejak Zaman nabi Adam bahwa wanita itu Hakikatnya makhluk paling pencemburu di alam semesta, dan itulah sifat alaminya wanita dimana ia mampu menyembunyikan cinta walaupun bertahun-tahun akan tetapi tidak dengan cemburu walaupun kurang dari sedetik. Akan tetapi disini kita bisa melihat bahwa wanita hebat yang tetap mendukung suaminya untuk terus Selingkuh itu benar-benar ada dan nyata.
Namun sebaliknya ORANG KE TIGA ini sangatlah pencemburu dan manja karena merujuk pada sifat dasarnya padahal Si ISTIMEWA ini setiap hari mendedikasikan dirinya untuk dirinya, bayangkan dari sebelum terbit fajar sampai sampai terbenamnya matahari SI ISTIMEWA ini berada di RUMAH KEDUANYA bercumbu sambil BELELAKAQ serta di ayun-ayun untuk memanjakan ORANG KE TIGA ini. padahal anak dan istri sah nya dirumah sudah menunggu dengan perasaan yang amat rindu dan mengharapkan hasil dari Perselingkuhan tersebut.
dia ORANG KE TIGA akan NYENGER jika SI ISTIMEWA ini telat menemuinya maka ia akan terus menangis dan BUMBUNG sebagai wadah air matanya pun harus harus mengalah karena melimpah. Sebenarnya dia ( ORANG KE TIGA ) tujuannya baik kenapa dia tidak mau menangis secara berlebihan karena ia juga sadar bahwa satu tetes air matanya sangat berharga untuk orang yang ia anggap ISTIMEWA 
Selain itu dia tidak suka jika SI ISTIMEWA ini menggunakan SESENGEHAN apalagi sampai ganti baju atau bahkan sebaliknya jika SI ISTIMEWA tidak menggunakan SESENGEHAN atau bajunya tidak di ganti maka dia akan NYENGER dan
Seperti hubungan pada umumnya jika suatu pemberian itu harus dijaga sampai AKHIR. Bila di bagi ke orang lain maka kita akan marah. 
Begitu juga ORANG KE TIGA ini pasti akan NYENGER jika pemberiannya di beri ke orang lain. 
Oleh sebab itu dari disini kita bisa melihat arti CINTA yang sesungguhnya. bahwa hubungan itu memang butuh yang namanya saling mendukung dan saling bekerja sama satu sama lain bukan pengorbanan. 
Cinta yang tulus tidak butuh yang namanya pengorbanan, jika merasa berkorban maka itu bukan arti dari ketulusan Cinta.

Jadi poinnya adalah apapun jenis pekerjaan nya kita harus mencintai pekerjaan tersebut
Tetap semangat pantang menyerah. dengan begitu kita mendapatkan hasil yang manis ( Barokah ) 
entah itu pekerjaan KOTOR ( petani dan sejenis ) atau pun BERSIH ( kantoran dan sejenis ) sama-sama pekerjaan dengan tujuan yang sama pula yaitu untuk mendapatkan keberkahan. 


                          Keterangan :
1. NYADEP adalah PEKERJAAN 
2. NDIS-PDEQ-PANAS adalah KOTOR-PERIH-PANAS
3. BUMBUNG adalah WADAH 
4. SI ISTIMEWA adalah PENYADEP 
5. PENYADEP adalah PETANI AREN/ENAO
6. ORANG KE TIGA adalah POHON ENAO/AREN
7. RUMAH KEDUANYA adalah SAKAN ( tempat produksi ) 
8. BELELAKAQ adalah NYANYIAN KHAS 
9. NYENGER adalah NGAMBEK 
10. SESENGEHAN adalah WEWANGIAN